KTI SKRIPSI KEBIDANAN KEPERAWATAN KESMAS KEDOKTERAN

Kumpulan KTI SKRIPSI Kebidanan Keperawatan Kesmas Kedokteran ini bertujuan untuk membantu para mahasiswa/i kebidanan keperawatan kesehatan masyarakat dan Kedokteran dalam penyusunan Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi sebagai salah satu syarat dalam tugas akhir pendidikan. Kumpulan KTI Skripsi ini akan terus kami tambah, sehingga dapat memenuhi kebutuhan anda dalam mendapatkan contoh KTI Skripsi, jadi anda tidak perlu lagi membuang waktu dan biaya dalam mencari KTI yang anda inginkan.

PERHATIAN:

Selamat datang di blog sederhana kami. Kapan lagi anda mendapatkan KTI Skripsi Kebidanan Keperawatan Kesehatan Masyarakat Kedokteran hanya dengan donasi @ Rp. 25.000 / KTI Skripsi sistem pembayaran mudah hanya dengan transfer pulsa. Layanan ini akan tetap eksis.
BUKTI dari layanan kami: sampai hari ini, kami sudah melayani banyak pesanan dari seluruh Indonesia. Silahkan pesan sekarang juga..
Manfaatkan kunjungan anda karena mungkin anda tidak datang ke blog ini untuk kedua kali.

KOTAK PENCARIAN:

kesulitan dalam mencari judul KTI Skripsi Gunakan pencarian berikut:

Tingkat Pengetahuan Masyarakat Tentang Manfaat Mengkonsumsi Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Minggu, 16 Oktober 2011

ABSTRAK

Air sangat penting bagi kehidupan. Manusia bisa hidup dengan makanan namun manusia tidak anak bisa hidup tanpa air, dalam hidup manusia air mempunyai banyak peranan yang sangat penting mulai dari mandi, mencuci, memasak, sampai semua aktivitas manusia erat hubungannya dengan air. Begitu juga dengan tubuh manusia hampir diseluruh tubuh manusia terdiri atas air, dapat juga dikatakan air terdapat pada sel hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat tentang manfaat mengkonsumsi air putih bagi kesehatan tubuh yang dilakukan di Dusun VIII Desa Kecamatan Tahun 2011 yang dimaulai pada tanggal 12 – 13 Mei 2011. Dengan jenis penelitian deskriptif yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data-data, menyajikan, menganalisa dan menginterpretasi. Yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah semua masyarakat yang tinggal di Dusun VIII Desa Kecamatan dengan jumlah populasi sebanyak 300 responden dan peneliti mengambil sebanyak 66 responden untuk dijadikan sampel. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapat dengan membagikan lembar kuesioner kepada responden dengan jumlah pertanyaan sebanyak 30 pertanyaan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah dari 66 responden didapati sebanyak 16 responden (24,24%) mempunyai pengetahuan baik, sebanyak 12 responden (18,18%) mempunyai pengetahuan cukup, sebanyak 26 responden (39,4%) mempunyai pengetahuan kurang dan sebanyak 12 responden (18,18%) mempunyai pengetahuan sangat kurang. Bagi masyarakat bukanlah pendidikan yang tinggi yang menyebabkan seseorang mempunyai pengetahuan yang baik, namun kemauan dan motivasi untuk mencari berbagai macam informasi melalui berbagai media, baik media cetak, media elektronik maupun yang lainnya sehingga dapat meningkatkan pengetahuan.
Referensi : Sebanyak 10 buku 2003 - 2009
Kata Kunci : Pengetahuan + Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Air sangat penting bagi kehidupan. Manusia bisa hidup tanpa makanan namun manusia tidak akan mampu hidup tanpa air, dalam hidup manusia air mempunyai peranan yang sangat penting mulai dari mandi, mencuci, memasak dan semua aktifitas manusia sangat erat hubungannya dengan air.
Setiap orang mutlak membutuhkan air bersih dan sehat, namun untuk memperoleh air yang dapat dikonsumsi bukanlah hal ynag gampang, apalagi di kota-kota besar dimana terjadi pencemaran yang dapat memperburuk keadaan. Kondisi seperti ini, agak berbeda dengan di desa. Meski di daerah pedesaan belum terdapat saluran air bersih, namun air tanah yang ada masih cukup kondisinya. Meski demikian, kondisi ini akan lebih baik jika mesyarakat mengetahui persyaratan air bersih dan laya untuk kebutuhan rumah tangga.
Ancaman pencemaran terhadap kualitas air di negara kita sudah serius dan merisaukan. Pencemaran air baik dari limbahindustri. Limbah rumah tangga maupun rumah manusia. Di Negara-negara berkembang menurut laporan World Health Organization sedikitnya 30.000 orang meninggal setiap harinya karena kekurangan air bersih dan fasilitas sanitasi yang kurang sehat. Di daerah rawan banjir seperti Jakarta, sumber air minum penduduk bersumber dari sumur gali dan sumur pompa, sumber-sumber air minum tersebut jelas tidak terhindar dari kotoran,zat-zat atau benda-benda pencemar yang terbawa oleh banjir. (Sumanto,tahun 2008).
Tahun 2009, tersebut sebuah penelitian ilmiah yang berkaitan dengan pengaruh air minum bagi manusia. Penelitian The Indonesian Religional Hydration Study (THIRST) yang dipimpin Prof.Dr.Ir.Hardiansya MS menemukan, sebanyak 46,1% dari 1200 penduduk Indonesia di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur Sulawesi Selatan mengalami dehidrasi ringan, sedangkan jumlah remaja yang mengalami dehidrasi ringan lebih tinggi dibanding orang dewasa yaitu 49,5%, berbanding 42,5% ditemukan pula penyebab tingginya dehidrasi karena rendahnya tingkat pengetahuan responden akan pentingnya fungsi air bagi tubuh di Desa Dusun VIII Kecamatan Tahun 2011. berdasarkan survey pendahuluan yang dilakukan ditemukan sebanyak 32 responden masih menggunakan air yang berwarna kuning dan berbau.
Dari data diatas maka permasalahan adalah: masih rendahnya pengetahuan masyarakat tentang manfaat air bagi tubuh.

1.2. Perumusan masalah
Berdasarkan latar belakang diatas peneliti membuat permasalahan Bagaimana tingkat pengetahuan masyarakat tentang manfaat mengkonsumsi air putih bagi kesehatan tubuh manusia di Desa Dusun VIII Kecamatan Tahun 2011

1.3. Tujuan Penelitian
1.3.1.Tujuan Umum
- Untuk mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat tentang manfaat mengkonsumsi air putih bagi kesehatan tubuh.
1.3.2. Tujuan Khusus
1.3.2.1 Untuk mengetahui pengetahuan masyarakat tentang syarat air minum yang memenuhi standar kesehatan berdasarkan Pengetahuan
1.3.2.2 Untuk mengetahui pengetahuan masyarakat tentang bahaya yang ditimbulkan jika tubuh mengalami kekurangan cairan berdasarkan Pendidikan
1.3.2.3 Untuk mengetahui pengetahuan masyarakat tentang manfaat mengkonsumsi air putih bagi kesehatan tubuh berdasarkan pekerjaan
1.3.2.4 Untuk mengetahui pengetahuan masyarakat tentang tentang manfaat mengkonsumsi air putih bagi kesehatan tubuh berdasarkan sumber informasi.

1.4. Manfaat Penelitian
1. Masyarakat dapat memahami dampak yang ditimbulkan jika tubuh mengalami kekurangan cairan
2. Bagi peneliti dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang manfaat air putih sebagai sumber kehidupan
3. Bagi institusi dapat dijadikan sebagai referensi/bacaan dari perpustakaan akademi keperawatan.
4. Dari data yang diperoleh dapat dijadikan sebagai dasar untuk penelitian selanjutnya dibidang kesehatan, terutama tentang manfaat air putih bagi kesehatan tubuh.

Download KTI Skripsi Kebidanan Keperawatan dan Kedokteran No.33

untuk melihat kelengkapan isi KTI Skripsi silahkan KLIK DISINI

0 komentar:

BELUM KETEMU JUGA, CARI LAGI YANG TELITI: