KTI SKRIPSI KEBIDANAN KEPERAWATAN KESMAS KEDOKTERAN

Kumpulan KTI SKRIPSI Kebidanan Keperawatan Kesmas Kedokteran ini bertujuan untuk membantu para mahasiswa/i kebidanan keperawatan kesehatan masyarakat dan Kedokteran dalam penyusunan Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi sebagai salah satu syarat dalam tugas akhir pendidikan. Kumpulan KTI Skripsi ini akan terus kami tambah, sehingga dapat memenuhi kebutuhan anda dalam mendapatkan contoh KTI Skripsi, jadi anda tidak perlu lagi membuang waktu dan biaya dalam mencari KTI yang anda inginkan.

PERHATIAN:

Selamat datang di blog sederhana kami. Kapan lagi anda mendapatkan KTI Skripsi Kebidanan Keperawatan Kesehatan Masyarakat Kedokteran hanya dengan donasi @ Rp. 25.000 / KTI Skripsi sistem pembayaran mudah hanya dengan transfer pulsa. Layanan ini akan tetap eksis.
BUKTI dari layanan kami: sampai hari ini, kami sudah melayani banyak pesanan dari seluruh Indonesia. Silahkan pesan sekarang juga..
Manfaatkan kunjungan anda karena mungkin anda tidak datang ke blog ini untuk kedua kali.

KOTAK PENCARIAN:

kesulitan dalam mencari judul KTI Skripsi Gunakan pencarian berikut:

Hubungan Pengetahuan dengan Kepatuhan Pasien Melaksanakan Range Of Motion Exercise (ROM)

Kamis, 26 Juli 2012

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Latihan rentang gerak (Range of Motion Exercise) merupakan rehabilitasi yang bertujuan sebagai pencegahan dan pengoreksi suatu kemunduran dari sistem muskuloskeletal (Sandra S. at al, 1985). Klien yang dirawat dengan reposisi beserta immobilisasi lamanya sesuai dengan terjadinya kalus fibrosa (Win de Jong, 1997) dalam keadaan immobilisasi ini, maka otot-otot dan sendi-sendi tidak dapat bergerak untuk waktu yang lain (Soeharso, R, 1982), akan terjadi beberapa respon tubuh yaitu perubahan pada sistem muskuloskeletal berupa penurunan kekuatan dan massa otot.
Individu dengan immobilisasi selama satu minggu akan menurun kekuatan otot 20 % dan dapat menimbulkan kontraktur,dekubitus dan juga pneumonia ( Hettinger dan Muller). Untuk mencegah kemampuan komplikasi yang ditimbulkan maka diberikan latihan rehabilitas sedini mungkin pada waktu memberikan Asuhan keperawatan. Latihan rehabilitas ini dapat dilakukan dengan latihan rentang gerak pasif ( Pasif Range of Motion Exercise) dan latihan rentang gerak aktif ( Aktif Range of Motion Exercise) Sandra At al 1985.
Latihan gerak pasif adalah sutau latihan yang dilakukan perawat tanpa partisipasi pasien dan latihan rentang gerak aktif suatu latihan yang dilakukan oleh pasien sendiri dan diawasi oleh perawat.
Pelaksanaan latihan rentang gerak yang dilaksanakan oleh pasien merupakan suatu perilaku didalam kesehatan yang bertujuan untuk mencegah penyakit penyakit yang terjadi. Perilaku ini bersifat potensial yaitu dalam bentuk pengetahuan dan motivasi. Motivasi dapat diartikan sebagai dorongan untuk bertindak guna mencapai tujuan tertentu dalam bentuk perilaku ( E.J. Murray, 1964 )
Di RS Perjan pada bagian bedah orthopedi dari bulan Juni sampai dengan Desember 2002 terdapat 136 kasus fraktur, dimana terdapat fraktur femur 49 kasus ( 36 %), fraktur cruris 65 kasus ( 48 % ) dan fraktur Humerus 22 kasus ( 16 % ). Pasien – pasien tersebut telah mendapat penyuluhan tentang Range of Motion Exercise dari dokter maupun perawat yang bertugas, tetapi kepatuhan pasien untuk melakukan Range of Motion Exercise selama ini tidak dievaluasi sehingga keberhasilannya yang telah diberikan sulit di ukur. Berdasarkan data tersebut maka peneliti berminat malakukan penelitian dengan judul Hubungan Pengetahuan dengan Kepatuhan Pasien Melaksanakan Range of Motion Exercise di Ruang Bedah Ortopedi Perjan RS .
B. Rumusan Masalah
Bertitik tolak dari identifikasi masalah yang dikemukakan diatas maka rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah ada hubungan Pengetahuan dengan Kepatuhan Pasien Melaksanakan Range of Motion Exercise di Ruang Bedah Ortopedi Perjan RS .

C. Batasan Masalah
Mengingat luasnya masalah tentang Range of Motion Exercise maka penelitian ini dibatasi hanya pada Range of Motion Exercise aktif dengan fraktur pada ekstremitas bawah yaitu fraktur femur dan fraktur Cruris.

D. Tujuan Penelitian
1. Tujuan Umum.
Untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan Kepatuhan Pasien Melaksanakan Range of Motion Exercise di Ruang Bedah Ortopedi Perjan RS .
2. Tujuan Khusus
a. Untuk mendapatkan gambaran pengetahuan dengan kepatuhan melaksanakan Range of Motion Exercise di Ruang Bedah Ortopedi Perjan RS .
b. Untuk Mendapatkan gambaran tentang Kapatuhan pasien melaksanakan Range of Motion Exercise di Ruang Bedah Ortopedi Perjan RS .
c. Untuk mengetahui hubungan Pengetahuan dengan Kepatuhan Pasien Melaksanakan Range Of Motion Exersice di Ruang Bedah Ortopedi Perjan RS .

E. Manfaat Penelitian
1. Hasil penelitian ini dapat memberikan informasi serta masukan kepada tenaga pengelola perawatan tentang pentingnya pemberian pengetahuan kepada pasien sebelum melaksanakan Range Of Motion Exersice
2. Merupakan masukan bagi pengembangan ilmu pengetahuan dalam keperawatan yang berkaitan dengan Range Of Motion Exersice.


Download KTI Skripsi Kebidanan Keperawatan Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran No.296

untuk melihat kelengkapan isi KTI Skripsi silahkan KLIK DISINI

0 komentar:

BELUM KETEMU JUGA, CARI LAGI YANG TELITI: